Senin, 17 Oktober 2016

Pengertian dan Jenis-Jenis Software Perangkat Lunak

PENGERTIAN SOFTWARE PERANGKAT LUNAK

Software perangkat lunak atau software merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer. Merupakan istilah khusus data yang disimpan dalam format bentuk digital. Contohnya seperti program-program komputer, dokumentasi, dan beberapa informasi lainnya. Atau juga software adalah satu bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud yang dapat berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan berbagai macam. Melalui software inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah atau berbagai macam perintah yang dapat dijalankan.

JENIS - JENIS SOFTWARE PERANGKAT LUNAK

1. Commercial Software ( Software Berbayar )
    Ialah software apabila ingin memilikinya harus membayar terlebih dahulu kepada pihak yang             mendistribuskan atau pengembang software. Software berbayar memiliki hak cipta yang dilindungi     oleh undang-undang.
    Contohnya : Adobe Photoshop, CorelDraw, dan sebagainya.

2. FreeWare ( Software Gratis )
    Sedangkan freeware kebalikan dari commercial software. Software yang dapat dimiliki secara             gratis. Freeware juga memiliki hak cipta seperti commercial software, namun pengguna dapat             menggunakannya secara gratis dan tanpa adanya batasan waktu.
    Contohnya : Mozila firefox dan sebagainya.

3. Shareware
    Shareware juga termasuk kedalam software tidak berbayar, namun aplikasi ini memiliki batasan         waktu. Jadi dapat disimpulkan bahwa shareware adalah aplikasi uji coba, jika pengguna ingin menggunakan secara lengkap pengguna harus  membeli kepada pihak yang mendistribusikan.

4. Firmware

5. Free Software

6. Open Source Software

7. Malware
    Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem komputer.
    Contohnya : Virus komputer, Trojan horse, Rookit, Cacing komputer dan sebagainya.

sumber  : http://woocara.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-software-perangkat-lunak.html


Perangkat lunak sekarang sudah banyak yang membuat untuk digunakan sebagai alat kebutuhan kantor. Contohnya kami dari PT Cendana Teknika Utama memiliki produk alat antrian dan alat kepuasan pelanggan yang menggunakan software, yang sangat efisien dan user friendly. 




IT Marketing kami
Aris Widyanto 
0813 1020 7780

Anda juga butuh Alat antrian Kunjungi Mesin antrian Making Solution atau Alat Kepuasan Pelanggan Kunjungi Alat SKP Berkualitas




Tidak ada komentar:

Posting Komentar